RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMA
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Standar Kompetensi
1.
Menerapkan konsep dan
prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah.
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan
gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum
2.
Mengidentifikasi
karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
3.
Mengidentifikasi
karakteristik gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik
dapat:
1. Menjelaskan definisi gelombang.
2. Menjelaskan
istilah-istilah dan besaran-besaran yang ada dalam gelombang.
3. Mengelompokan
dan membedakan jenis gelombang berdasarkan arah getarnya
4. Mengelompokan
dan membedakan jenis gelombang berdasarkan medium perambatannya.
5. Mengelompokan
dan membedakan jenis gelombang berdasarkan amplitudonya
6. Menghitung besaran-besaran gelombang dengan
menggunakan persamaan gelombang.
B. Materi Pembelajaran
Gejala dan
Ciri-ciri Gelombang
C. Metode Pembelajaran
·
Model : - Direct Instruction (DI)
-
Cooperative
Learning tipe Jig Saw
·
Metode
: - Diskusi kelompok
-
Ceramah
-
Observasi
D.
Langkah-langkah
Kegiatan
a.
Kegiatan
Pendahuluan
l Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah gelombang bunyi tergolong gelombang
longitudinal?
- Bagaimana persamaan-persamaan fisika yang
menerangkan gejala gelombang?
l Prasyarat pengetahuan:
- Apakah ciri-ciri gelombang longitudinal?
- Bagaimana menentukan persamaan gelombang?
b.
Kegiatan
Inti
1.
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gelombang.
2.
Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh gelombang dalam kehidupan
sehari-hari.
3.
Peserta
didik dibagi dalam kelompok-kelompok kecil, maksimal 3 orang setiap kelompok
4.
Guru
memberikan lembaran soal diskusi kepada setiap kelompok
5.
Setiap
siswa dalam kelompok mendapat materi
yang berbeda-beda untuk dipelajari
6.
Siswa
dari setiap kelompok yang memiliki kesamaan materi bergabung dalam kelompok
baru sehingga membentuk tim ahli
7.
Setiap
kelompok ahli diberi waktu untuk berdiskusi mengenai materi yang didapat
8.
Guru
memberikan waktu kepada siswa dalam tim ahli untuk kembali ke kelompok asal dan
menjelaskan materinya kepada siswa lainnya
9.
Guru
meminta setiap tim ahli untuk mempresentasikan materinya di depan kelas, sambil
memberi kesempatan kepada siswa lain untuk menanyakan hal yang belum dimengerti
10.
Guru
mengembalikan suasana kelas seperti semula.
c.
Kegiatan
Penutup
-
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
-
Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-
Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
a.
Buku
Fisika SMA dan MA Jl.3A (Esis) halaman 1-44
b.
Buku
referensi yang relevan
c.
Lingkungan
F.
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
l Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen:
D. Tes PG
DI.
Tes isian
DII.
Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
-
Contoh PG
Gelombang y1
dan y2 mempunyai panjang gelombang yang sama yaitu 0,25 m.
Jika posisi gelombang y1 terlihat 2 m dari posisi awal
perambatan, maka posisi y2 jika interferensi konstruktif
adalah ....
A. 2 m dan 1,8 m D. 2 m dan 2,05 m
B. 2 m dan 1,9 m E. 2 m dan 2,15 m
C. 2 m dan 1,75 m
1.
Contoh isian
Gelombang dengan arah osilasi tegak lurus arah
rambatan gelombang dinamakan ....
1.
Contoh tugas rumah
Sebuah tali
bermassa 100 g digetarkan dengan laju 10 m/s dan amplitudo 0,1m. Massa jenis
tali 100 kg/m3 dan luasnya 2 cm3. Jika dalam perambatan
dihasilkan energi sebesar 5 J/s, tentukan persamaan gelombangnya.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar