Minggu, 24 Juni 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMA
Kelas / Semester        : XII (Dua belas) / Semester I
Mata Pelajaran          : FISIKA

Standar Kompetensi
1.      Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah.

Kompetensi Dasar
1.1   Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum
2.      Mengidentifikasi karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
3.      Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan definisi gelombang.
2.      Menjelaskan istilah-istilah dan besaran-besaran yang ada dalam gelombang.
3.      Mengelompokan dan membedakan jenis gelombang berdasarkan arah getarnya
4.      Mengelompokan dan membedakan jenis gelombang berdasarkan medium perambatannya.
5.      Mengelompokan dan membedakan jenis gelombang berdasarkan amplitudonya
6.      Menghitung besaran-besaran gelombang dengan menggunakan persamaan gelombang.

B.     Materi Pembelajaran
Gejala dan Ciri-ciri Gelombang

C.    Metode Pembelajaran
·         Model   :          -     Direct Instruction (DI)
-          Cooperative Learning tipe Jig Saw
·         Metode :          -     Diskusi kelompok    
-          Ceramah   
-          Observasi

D.    Langkah-langkah Kegiatan


a.      Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Apakah gelombang bunyi tergolong gelombang longitudinal?
-      Bagaimana persamaan-persamaan fisika yang menerangkan gejala gelombang?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah ciri-ciri gelombang longitudinal?
-      Bagaimana menentukan persamaan gelombang?
   
b.      Kegiatan Inti
1.        Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gelombang.
2.        Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh gelombang dalam kehidupan sehari-hari.
3.        Peserta didik dibagi dalam kelompok-kelompok kecil, maksimal 3 orang setiap kelompok
4.        Guru memberikan lembaran soal diskusi kepada setiap kelompok
5.        Setiap siswa dalam kelompok mendapat  materi yang berbeda-beda untuk dipelajari
6.        Siswa dari setiap kelompok yang memiliki kesamaan materi bergabung dalam kelompok baru sehingga membentuk tim ahli
7.        Setiap kelompok ahli diberi waktu untuk berdiskusi mengenai materi yang didapat
8.        Guru memberikan waktu kepada siswa dalam tim ahli untuk kembali ke kelompok asal dan menjelaskan materinya kepada siswa lainnya
9.        Guru meminta setiap tim ahli untuk mempresentasikan materinya di depan kelas, sambil memberi kesempatan kepada siswa lain untuk menanyakan hal yang belum dimengerti
10.     Guru mengembalikan suasana kelas seperti semula.

c.       Kegiatan Penutup
-         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E.     Sumber Belajar
a.       Buku Fisika SMA dan MA Jl.3A (Esis) halaman 1-44
b.      Buku referensi yang relevan
c.       Lingkungan

F.     Penilaian Hasil Belajar
a.       Teknik Penilaian:
l Tes tertulis
b.      Bentuk Instrumen:
D.            Tes PG
DI.                    Tes isian
DII.                 Tes uraian
c.       Contoh Instrumen:
-      Contoh PG
    Gelombang y1 dan y2 mempunyai panjang gelombang yang sama yaitu 0,25 m. Jika posisi gelombang y1 terlihat 2 m dari posisi awal perambatan, maka posisi y2 jika interferensi konstruktif adalah ....
                             A. 2 m dan 1,8 m                           D. 2 m dan 2,05 m
                             B. 2 m dan 1,9 m                           E. 2 m dan 2,15 m
                 C. 2 m dan 1,75 m
1.    Contoh isian
Gelombang dengan arah osilasi tegak lurus arah rambatan gelombang dinamakan ....
1.    Contoh tugas rumah
Sebuah tali bermassa 100 g digetarkan dengan laju 10 m/s dan amplitudo 0,1m. Massa jenis tali 100 kg/m3 dan luasnya 2 cm3. Jika dalam perambatan dihasilkan energi sebesar 5 J/s, tentukan persamaan gelombangnya.


                                                                             ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                          Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar